Rabu, 03 Oktober 2012

Profil desa tanjung mas makmur kecamatan mesuji timur


1.1.       Kondisi dan Gambaran Umum Lokasi KKN Tematik

            Kecamatan Mesuji Timur merupakan salah satu kecamatan yang ada di kabupaten Mesuji yang memiliki Luas Wilayah ± 43.778 Ha dan jumlah penduduk ± 30.079 jiwa (8.042 KK).
           
            Kecamatan Mesuji Timur ini memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut :
-          Sebelah utara           : Sungai Mesuji
-          Sebelah selatan        : Kecamatan Penawar Tama
-          Sebelah barat           : Kecamatan Mesuji
-          Sebelah timur           : Kecamatan Rawajitu Utara
            Lokasi kantor kecamatan ditentukan berdasarkan hasil musyawarah panitia, Perangkat Kampung, Ketua dan Anggota BPK, Tokoh Masyarakat, dan Pemuda. Dimana lokasinya berada di Jl.Kelapa IV. RT 17 Suku III. Desa Tanjung Mas Maknur.
Gambar 1. Kantor kecamatan Mesuji Timur

            Penduduk wilayah kecamatan Mesuji Timur terdiri 13 kampung, meliputi : Tanjung Mas Makmur, Tanjung Mas jaya, Tanjung Mas Mulya, Muara Mas, Pangkal Mas Jaya, Pangkal Mas Mulia, Eka Mulya, Dwi Karya Mustika, Wonosari, Sungai Cambai, Tanjung Menang, Magojadi, dan Talang Batu.

Description: C:\Users\ACER\Desktop\foto-foto kkn metalllllllll\Foto1896.jpg            Pada pelaksanaan kegiatan KKN ini dilakukan di desa Tanjung Mas Makmur, dimana desa ini memiliki luas wilayah 1.105 ha. Luas wilayah ini mencakup lahan pertanian dan perkebunan, dimana luas pertaniannya sekitar 918 ha, dan luas perkebunannya sekitar 82 ha.

            Jumlah penduduk desa Tanjung Mas Makmur berjumlah 2.280 yang terdiri dari 1.235 penduduk laki-laki, dan 1.045 penduduk perempuan, dengan 680 kepala keluarga.

            Sarana peribadatan yang terdapat di desa Tanjung Mas Makmur antara lain masjid berjumlah 3, mushola berjumlah 15. Sedangkan untuk gereja dan pure di desa ini masih belum tersedia.
Description: C:\Users\ACER\Desktop\foto-foto kkn metalllllllll\Foto1899.jpg
Gambar 2. Masjid di desa Tanjung Mas Makmur

            Sarana kesehatan yang terdapat di desa Tanjung Mas Makmur antara lai puskesmas dan ruangan rawat inap yang masing-masing berjumlah 1.

Description: C:\Users\ACER\Desktop\New folder\CIMG0237.JPGDescription: C:\Users\ACER\Desktop\New folder\CIMG0231.JPG
Gambar 3. Puskesmas di desa Tanjung Mas Makmur







            Sarana pendidikan di desa Tanjung Mas Makmur terdiri dari TK yang berjumlah 2, SD/ MI berjumlah 2, SMP berjumlah 2, dan SMA/ SMK berjumlah 1.
Description: C:\Users\ACER\Desktop\New folder\CIMG0604.JPGDescription: C:\Users\ACER\Desktop\foto-foto kkn metalllllllll\Foto1897.jpg
Gambar 4. SD N 1 Tanjung Mas Makmur

            Sarana olahraga yang terdapat di desa Tanjung Mas Makmur terdiri dari lapangan sepak bola berjumlah 1, lapangan bola volley berjumlah 1, dan lapangan bulu tangkis berjumlah 2, selain itu di desa ini terdapat sarana pemakaman umum yang berjumlah 2, dan Persatuan Kematian yang berjumlah 4.

            Sistem perekonomian di desa Tanjung Mas Makmur ini terdiri dari pasar yang berjumlah 1, dimana pasar ini melakukan operasinya pada hari senin dan hari kamis. Selain itu terdapat toko yang berjumlah 52, dan warung yang berjumlah 15.
Description: C:\Users\ACER\Desktop\New folder\CIMG0234.JPGDescription: C:\Users\ACER\Desktop\foto-foto kkn metalllllllll\Foto1902.jpg
Gambar 5. Pasar dan Pusat Bisnis Tanjung Mas makmur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar